Senin, 18 Januari 2016

Pentingnya Belajar TI Bagi Seorang Akuntan

Bagaimana peran serta manfaat Teknologi Informasi dalam sebuah perusahaan termasuk untuk para penggeraknya ?
Seorang pimpinan perusahaan perlu kiranya untuk terus mengikuti perkembangan dunia Teknologi Informasi, terlebih lagi untuk kalangan profesional yang aktivitas kerjanya selalu berhubungan dengan berbagai sarana, misalnya dengan komputer plus berbagai programnya. Aktivitas kerja seseorang yang menggunakan perangkat komputer akan lebih efisien dan efektif bila mereka betul-betul telah menguasai cara mengoperasikannya. Sebaliknya, seseorang akan bekerja lebih lamban dengan komputer bila ia kurang pandai dalam mengoperasikannya.


Seorang Sekretaris dalam sebuah perusahaan, diharapkan selalu tanggap dan cekatan dalam mengorganisir serta membantu pekerjaan sang pimpinan. Tugas Sekretaris membantu meringankan tugas pimpinan yang sekaligus merupakan perpanjangan dari pekerjaan pimpinan. Dengan demikian pimpinan dapat mengkonsentrasikan diri untuk melakukan tugas manajerial dalam suatu organisasi atau perusahaan dengan baik.

Pengaruh TI terhadap SIA sangat penting, maka computer menyediakan:

1. Pengolahan transaksi dan data lain
2. Keakuratan dalam perhitungan dan perbandingan dengan data
3. Biaya rendah pengolahan setiap transaksi
4. Lebih tepat waktu penyusunan laporan dan keluaran lain
5. Lebih ringkas penyimpanan data, dengan aksesibilitas yang lebih besar bila diperlukan
6. Lebih beragam pilihan untuk memasukkan data dan menyediakan keluaran
7. Produktivitas yang lebih tinggi bagi karyawan dan manajer, yang belajar menggunakan

Seorang Akuntan berfungsi untuk melakukan pengidentifikasian, pencatatan segala kejadian-kejadian atau transaksi dalam sebuah perusahaan hingga menyajikannya dalam sebuah laporan keuangan untuk dilaporkan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Hal tersebut akan dapat lebih mudah dan cepat disajikan apabila seorang Akuntan tersebut juga menguasai dalam mengoperasian sebuah program yang menunjang bagi pengolahan transaksi yang terjadi dalam aktivitas perusahaan, hingga menjadi sebuah laporan keuangan.

Ada beberapa program yang dirancang untuk mengoperasikan transaksi di sebuah perusahaan, seperti MYOB Accounting, Dac Easy Accounting for Windows (DEA), Sofi, Accpac Simply Accounting, Quicken, Peacthree, Ubs, Crystal Report dan lain sebagainya. Sebagai contoh, MYOB  Accounting yang merupakan salah satu program untuk akuntansi dengan berbasis Windows dari MYOB Limited. Produk yang dikeluarkan oleh MYOB antara lain seperti MYOB Accounting (plus), MYOB Premier Acounting, MYOB Asset Manager dan MYOB Retail Manager. Software tersebut cocok diterapkan untuk kondisi bisnis di Indonesia untuk skala kecil maupun menengah. Berbagai keunggulan yang dimilikinya adalah penggunaan yang relatif mudah dan dapat dikuasai dalam waktu relatif singkat, menampung transaksi hingga milyaran rupiah, serta direkomendasi dapat diterapkan pada 105 jenis perusahaan. Begitu pula dengan program Akuntansi lainnya yang memiliki berbagai kelebihannya masing-masing.Kini perusahaan menampilkan laporan keuangan dalam sebuah website yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Maka diperlukan seorang akuntan yang memiliki pengetahuan dalam mengelola sebuah website.

Dari contoh diatas, maka seorang akuntan dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan TI demi menunjang aktivitas kerja sehari-hari. Untuk menjadi seorang akuntan yang mengikuti perkembangan Teknologi Informasi, maka tinggal menggabungkan antara prinsip-prinsip standar akuntansi yang berlaku, kemudian mempelajari program yang banyak digunakan saat ini. Juga penggunaan internet akan membantu mendapakan informasi untuk meningkatkan wawasan sebagai seorang Akuntan.
Jaringan computer pun sangat penting bagi seorang akuntan karena computer merupakan jaringan bagian integral dari SIA yang dapat mentransmisikan data dan informasi. Jaringan ini juga merupakan jaringan yang terkena resiko tinggi karena akan terkena mudah hilangnya catatan akuntansi yang berharga. Maka untuk mencegah hilangnya catatan akuntansi diperlukan teknik khusus yang dapat memastikan bahwa data yang dimasukan akurat. Lalu jaringan khusus sedang dikembangkan yang dapat melayani pengguna dengan beraneka ragam informasi keuangan. Mungkin dalam beberapa jaringan pengguna merupakan orang ketiga.

SIA ini tidak selalu unggul dalam penggunaannya. SIA memiliki keterbatasan yaitu:

1. Sistem pribadi harus menghabiskan waktu untuk pemeliharaan sistem karena sistem informasi     akuntansi tidak bisa dengan mudah kembali menghadapi perubahan kondisi bisnis.
2. Keuangan dan data operasional tidak terintegrasi, karena akan sulit untuk menghasilkan laporan yang melibatkan keuangan dan informasi yang tidak melibatkan keuangan.
3. Pemrosesan transaksi akuntansi sistemyang mengumpulkan data keuangan terfokus pada klasifikasi akuntansi, mengabaikan "multidimensi" aspek transaksi, dan data yang diselenggarakan oleh: cerobong asap "pendekatan.
4. Proses bisnis dan prosedur akuntansi tidak dianalisis dan diperbaiki sebelum diubah dari manual ke bentuk otomatis. Sebagai hasilnya, dalam efisiensi dari sistem manual yang hanya diembed dalam sistem otomatis.
5. Sistem warisan tidak dirancang untuk menghasilkan informasi pendukung keputusan yang tepat waktu. Data yang diperlukan tidak dapat dengan mudah dan langsung diakses oleh dan pengguna. Ketika diminta laporan baru, programer komputer harus menulis program-program baru selama jangka waktu diperpanjang untuk mengekstrak informasi yang diminta. training komputer perkantoran

Demikian Sedikit Info yang dapat saya Berikan, Semoga dapat Bermanfaat bagi semuanya khususnya para akuntan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar